Kamis, 30 Oktober 2014

PENTINGNYA SOFTSKILL

Pengertian Softskill


Menurut Kamus wikipedia (2009) mendifinisikan softskill sebagai :
“sociological term relating to person’s emotional quotient, the cluster of personality traits, social graces, communication, language, personal habits, friendliness, and optimism that characterized reletionships with other people.”
Jadi, dapat disimpulkan bahwa softskill adalah perilaku individu yang tidak terlihat wujudnya dan bersifat personal maupun interpersonal yang dapat berkembang dan meningkatkan kualitas diri seseorang.

Softskill atau keterampilan lunak menurut Berthhall (Diknas, 2008) mendefinisikan softskill sebagai :
“personal and interpersonal behaviour that develop and maximize human performance (e.g. coaching, team building, decision making, initiative).” Merupakan tingkah laku personal dan interpersonal yang dapat mengembangkan dan memaksimalkan kinerja manusia (melalui pelatihan, pengembangan kerja sama tim, inisiatif, pengambilan keputusan lainnya.

            Soft skill adalah ketrampilan seseorang dalam berhubungan dengan orang lain (Inter-Personal Skills) dan ketrampilan dalam mengatur dirinya sendiri (Intra-Personal Skills).

            Yang dimaksud softskill intra-personal adalah kemampuan yang di manfaatkan untuk kepentingan diri sendiri. Misalnya, dapat mengendalikan emosi dalam diri,  dapat menerima nasehat orang lain, mampu memanajemen waktu, dan selalu berpikir positif. Itu semua dapat di kategorikan sebagai softskill personal. Kemudian yang dimaksud softskill inter-personal adalah kemampuan yg dimanfaatkan untuk diri sendiri dan orang lain. Contohnya,  kita mampu ber hubungan atau ber interaksi dengan orang lain, bekerja sama dengan kelompok lain, dan lain lain.

Macam-macam Softskill


Sebenarnya penentu kesuksesan seseorang itu lebih disebabkan oleh unsur softskillnya. Berikut adalah macam-macam softskill :

1. Memiliki inisiatif tinggi
2. Kemauan yang kuat
3. Mampu berkomitmen
4. Kreativitas yang tinggi
5. Dapat berkomunikasi dengan baik
6. Berfikir kritis
7. Mandiri
8. Disiplin

Manfaat Softskill

Keberhasilan seseorang dalam bekerja biasanya lebih ditentukan oleh softskillnya yang baik. Manfaat memiliki softskill yang baik adalah :

1. Sebagai promosi kualitas jasa
2. Softskill dapat membangun karakter
3. Membangun kepribadian yang berkualitas
4. Menumbuhkan rasa percaya diri
5. Dapat bersosialisai dalam team
6. Menumbuhkan kepekaan wawasan pemikiran dan kepribadian kita

            Dunia kerja percaya bahwa manusia yang unggul adalah mereka yang tidak hanya memiliki kemahiran hardskill saja tetapi juga baik dalam aspek softskillnya. Dunia pendidikan pun mengungkapkan bahwa berdasarkan penelitian di Harvard University Amerika Serikat ternyata kesuksesan seseorang tidak ditentukan semata-mata oleh pengetahuan dan kemampuan hardskill saja, tetapi lebih oleh kemampuan mengelola diri dan orang lain (soft skill). Penelitian ini mengungkapkan, kesuksesan hanya ditentukan sekitar 20% oleh hardskill dan sisanya 80% oleh softskill.



Referensi:



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung, berkomentarlah dengan sebaik-baiknya.