Kamis, 18 Desember 2014

PENYEBAB MASALAH KESEHATAN DI MASYARAKAT

Masalah kesehatan di masyarakat khususnya negara berkembang termasuk indonesia sangat beragam dan harus segera diatasi dengan kerjasama yang kuat antara pemerintah dan masyarakat itu sendiri. Sehat adalah kondisi mental, fisik dan sosial seseorang, terbebas dari bibit penyakit.

Masalah Kesehatan Masyarakat

Untuk mempermudah memahami masalah kesehatan masyarakat yang sering terjadi perlu dibagi menjadi beberapa kelompok, antara lain: masalah perilaku kesehatan, lingkungan, dan pelayanan kesehatan yang akan meningkat ke masalah kesehatan ibu dan anak, masalah gizi dan beragam penyakit baik menular atau tidak menular. Masalah Kesehatan ini bisa terjadi pada masyarakat umum atau kelompok rawan (bayi, balita dan ibu), kelompok lanjut usia dan para pekerja. Berikut adalah penyebab masalah masalah kesehatan di masyarakat :
  • Masalah Kesehatan Masyarakat yang disebabkan karena Perilaku Kesehatan dipengaruhi tingkat pendidikannya, sehingga pengetahuan masyarakat untuk berperilaku sehat sangat kurang. Proses terbentuk perilaku hidup sehat harus diawali pengetahuan dari pendidikan kesehatan.
  • Masalah Kesehatan Lingkungan, dari keadaan lingkungannya berpengaruh positif terhadap kesehatan masyarakat itu sendiri. Masalah kesehatan lingkungan ini terdiri dari: Kesehatan lingkungan pemukiman, penyediaan air bersih, pengelolaan limbah dan sampah, pengolahan makanan dan pengelolaan scara umum penunjang kesehatan.
  • Masalah Pelayanan Kesehatan, yang bermutu akan menghasilkan kesehatan yang maksimal untuk masyarakat. Pelayanan Kesehatan yang profesional harus sesuai standar ketersediaan sumber daya (petugas kesehatan, bangunan, sarana pendukung) dan prosedur pelayanan yang baik.
  • Petugas kesehatan yang profesional, meliputi tenaga medis, keperawatan, paramedis non keperawatan dan administrasi medis. Saat ini masyarakat sulit menerima pelayanan kesehatan yang maksimal karena masalah petugas yang profesional masih kurang.

Kurangnya pengetahuan dan keterbatasan ekonomi untuk mencari keuntungan sering dijadikan alasan mengapa Masalahan Kesehatan Masyakat belum juga bisa teratasi. Meskipun saat in pemerintah telah melakukan perbaikan mutu pelayanan kesehatan namun masih ada perilaku petugas kesehatan yang menyimpang dari tujuan awal keberadaannya untuk meningkatkan kesehatan masyarakat. Semoga suatu saat Pelayanan Kesehatan lebih maksimal dan Masalah kesehatan masyarakat bisa teratasi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung, berkomentarlah dengan sebaik-baiknya.